Jumat, Januari 23, 2009

ZIKIR

Zikir, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti : puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang, dan arti yang lain adalah do'a atau pujian berlagu.

Definisi zikir atau Dzikir, menurut Wikipedia artinya mengingat Allah caranya antara lain adalah dengan menyebut dan memuji nama Allah.

Menurut terminologi bahasa Jawa zikir maknanya "eling", yang artinya mengingat, eling dalam bahas Jawa itu biasanya disertai dengan kalimat "waspodo", atau waspada dalam bahasa Indonesia..... sehingga eling lan waspodo...... selalu ingat dan selalu waspada, adalah sikap yang dianjurkan untuk menghindari dan terhindar dari musibah.

Didalam Al Qur'an cukup banyak ayat yang memuat perintah tentang zikir ini....... seperti beberapa ayat yang saya sertakan dibawah ini :

Al Ahzab 33:41. Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.

Yunus 10 :12. Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.

An Nisaa' 4:103. Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Ali Imran 3:191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Praktek kegiatan zikir telah dikembangkan oleh umat Islam dan telah banyak metode dan cara-cara zikir, .... yang maksudnya untuk mohon keselamatan.... mohon rezeki, mohon hatinya tenang dan tenteram, ...... mohon dihindarkan dari musibah.... dan untuk permohonan-permohonan yang lain,...... praktek zikir ini ada yang terlihat secara fisik dengan gerak disertai dengan ucapan yang berulang-ulang..... atau dengan zikir yang tidak terdengar karena diucapkan dalam hati.

Dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya,....... yang terlihat dan nampak adalah manusia tidak pernah jauh dari kegiatan untuk memenuhi keinginan nafsunya sendiri...... kalau keinginannya sudah terpenuhi biasanya lupa kepada Allah.......... seperti teguran Allah pada ayat-ayat diatas.

Sebagian besar yang diingat oleh manusia adalah dirinya sendiri, anaknya, istrinya atau suaminya, atau yang paling sering adalah pekerjaannya atau proyek-proyeknya......... sehingga ketika dia berdiri..... ketika dia duduk...... berbaring , ketika berjalan, ketika befikir..... yang difikirkan adalah proyeknya-proyeknya......, atau bagi seorang pejabat yang selalu diingat adalah jabatannya, ...........apalagi jabatan itu adalah tergolong jabatan basah yang bisa mendatangkan uang berlimpah......, yang dipikirkan pagi, siang, malam, bahkan menjelang tidurpun manusia hanya memikirkan pekerjaannya, ambisinya, nafsunya, proyeknya, maupun jabatannya.... bahkan ketika sholatpun jarang bisa khusuk, jarang bisa konsentrasi..... karena fikiran dan hatinya tidak pernah hadir, atau menghadirkan Allah.............., padahal Allah sangat mencintai dan menyayangi kita manusia.... namun manusia hanya menyayangi dirinya sendiri...., hanya mengingat keinginan dan ambisi pribadi.... dan menginginkan pemenuhan nafsunya sendiri......., dalih pembenar untuk bersikap semacam ini bisa diciptakan dan dicari..... kalau gagal memenuhi ambisi itu tuding sana dan tuding sini mencari kambing hitam.......... manusia memang pelupa dan hanya bisa berpikir jangka pendek............, dan hanya memikirkan dirinya sendiri........., kalaupun ada orang yang memikirkan nasib orang-orang tertindas, dan hidupnya selalu bersandar pasrah kepada Allah jumlahnya tidak terlalu banyak.... dan tergolong manusia langka karena jumlahnya memang tidak banyak .... dan sering menjadi manusia aneh ....,manusia Antique, karena tidak umum walaupun sebenarnya dia adalah manusia yang sedang menapak jalan kebenaran........ dan jalan kemuliaan menuju Allah semata.

Kalau diteliti dan dikritisi maka manusia secara sadar ataupun tidak seringkali melanggar perintah Allah , baik secara sadar ataupun tidak............., bahkan yang sering adalah kelucuan-kelucuan , karena hak dan wewenang Allah sering diklaim menjadi hak dan wewenangnya bahkan seakan-akan menjadi hak miliknya,...... misalnya kalau sudah zikir sekian ribu kali maka akan mendapatkan ini dan itu, ....... atau kalau mau lepas dari persoalan-persoalan maka zikirlah yang jenis ini sekian kali selama sekian hari dan waktunya tertentu..... memangnya Allah mau disuruh-suruh ?, mau dipaksa untuk selalu meluluskan permintaan-permintaan yang sering konyol dan tidak masuk akal itu?....... memang manusia seringkali kurang ajar dan melanggar perintah Allah ... namun tanpa sadar.......

Oleh karena itu saudara-saudaraku , pahamilah perintah Allah yang sangat jelas itu dengan sadar, rendah hati dan dengan hati dan pikiran yang jernih......... seperti gambaran gerak tubuh ketika sholat..... gambaran bersikap rukuk dan sujud, dan duduk bersimpuh...... dan sadarilah , tanpa kasih sayang Allah yang telah memberikan nikmat yang banyak..... memberikan segunung ampunan, dan samudra maaf ..... manusia adalah mahluk yang lemah dan tidak bisa apa-apa............, oleh karena itu ketika kamu duduk, berdiri, berjalan, dan berbaring..... bahkan ketika bernafaspun ........ selalu dan selalu ingatlah kepada Allah yang sangat menyayangimu..........., bukannya seperti perbuatan-perbuatanmu yang lalu, ......yang selalu kamu ingat adalah proyek-proyekmu, nafsu-nafsu dan ambisimu saja...... kalau perilaku ini tetap kamu lakukan.............. maka kamu tidak akan pernah tenang dan tentram dalam menjalani hidupmu..... karena proyek-proyekmu selalu berpotensi mendatangkan masalah, ambisimu tidak pernah terpuaskan dan nafsumu tidak pernah punya batas..............

Kembalilah, kembalilah dan hijrahlah menuju fitrah..... , karena dengan hanya mengingat Allah hatimu akan menjadi tenteram...... dan surgamu menantimu..... Allah tidak selalu meluluskan apa yang kamu minta, namun Allah selalu memberi yang kamu butuhkan......, Allah Maha Tahu ..... tapi menunggu.

Salam hormat kepada teman-teman dan sahabat yang sedang dalam perjalanan mencari Allah............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar