Kamis, Januari 29, 2009

IBADURRAHMAN

Ibadurrahman arti harafiahnya adalah hamba-hamba Allah yang mulia, penjelasan tentang sifat-sifat dan perilaku seorang ibadurrahman dijelaskan dengan lengkap dan jernih dalam Qur'an Surat 25 ayat 63-76.

Seorang Ibadurrahman, selalu sederhana dalam hidupnya, dan ketika membelanjakan hartanya tidak boros, tapi tidak pelit, dan membeli segala sesuatu keperluan dengan mengutamakan fungsi efektifitas dan efisiensi.

Tidak mau berdusta, tidak mau memberi kesaksian palsu, tidak melakukan perbuatan zina, perbuatan syirik apalagi melakukan pembunuhan,.... karena membunuh satu orang saja sama dengan membunuh manusia seluruhnya......, orang seringkali terperosok dengan perbuatan-perbuatan ini karena tidak sengaja akibat kebijakan yang salah, akibat takut pada atasan, akibat takut jabatannya dicopot atau takut dilengserkan sehingga dia mau berdusta atau memberikan kesaksian palsu,.... melakukan perbuatan zina karena salah pergaulan, karena komunikasi dengan istri tercinta terhambat, ..... atau malahan karena hobi .... bagi seorang Ibadurrahman dijauhkanlah dari perbuatan itu..... apalagi perbuatan syirik,....... perbuatan ingkar..... perbuatan yang tidak mengakui keberadaan Allah.....

Sikap Ibadurrahman selalu terbuka dan siap menerima teguran, maupun kritikan membangun dan nasehat dari sesama orang-orang yang berserah diri. Takut kepada Allah, dan selalu mohon agar dihindarkan dari siksa api neraka, ..... sehingga bila jatuh dalam kesalahan, bertobat dengan sungguh-sungguh dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi.....

Dia berlaku sopan, rendah hati dan dijauhkan dari sikap sombong..... sikap meremehkan...... , siap melayani pertanyaan-pertanyaan dari orang bodoh yang usil dan jahil sekalipun , dengan sikap yang sopan..... , bila berjalan sudah terlihat dengan langkahnya yang lembut namun menggambarkan sikap yang tegas, dan pandangan mata yang sejuk dan senyum selalu tersungging di mulut, dan dengan wajah bening berseri.......... karena sangat sering terbasuh air wudlu..

Ibadurrahman rajin bangun malam untuk rukuk dan sujud melakukan sholat..... berdialog dengan Allah swt. dan memohon selalu dalam bimbinganNya , petunjuk dalam melangkah dan memilih..... dan memohon agar selalu dalam LindunganNya untuk menghadapi dunia yang penuh cobaan dan godaan yang memabukkan itu..... dan terkadang sulit menghindar dari godaan-godaan itu.

Dalam do'anya dia memohon untuk menjadi pemimpin dari istri-istri , pemimpin anak-anak, dan pemimpin orang-orang yang bertaqwa..........., orang yang bisa memimpin istri adalah seorang yang tahu menempatkan diri dalam keluarga...., tetapi dalam kenyataan sering terlihat kalau dikantor seorang lelaki kelihatan sangat keras dan berwibawa bak seorang Panglima atau seorang Kapolda..., atau seorang Direktur Utama..... namun ketika dirumah... dia tidak punya nyali menghadapi sang istri...., terlihat lemah, tua dan loyo......., yang jadi panglima dirumah ganti sang istri.......... karena mereka terlalu sayang, karena tidak mau bertengkar.... karena tidak mau salahnya dibongkar karena ketahuan selingkuh..... sehingga namanya tercemar....., atau karena-karena yang lain. Tidak bisa memimpin anak, terlalu sayang anak..., anak dimanja, segala permintaannya dituruti dengan berbagai dalih......, tapi sebenarnya kalau terlalu menyayangi anak , akan menciptakan anak yang lemah, menciptakan anak yang tidak punya semangat juang tinggi..... sehingga ikut pula menciptakan generasi yang rapuh.....
Seorang Ibadurrahman mampu memimpin semua itu, bahkan dalam do'anya adalah menjadi pemimpin orang-orang yang bertaqwa...... suatu derajad yang tinggi dimata Allah Swt.

Janji Allah bagi orang-orang yang memilih jalan menjadi Ibadurrahman adalah ...... martabat yang tinggi di surga , dan disambut dengan peghormatan dan salam............. mereka kekal didalamnya....., surga adalah sebaik-baik tempat kembali......, siapa berminat?????.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar