Sabtu, Januari 31, 2009

BY DESIGN BAGIAN SATU

Indonesia adalah sebuah negara yang Merdeka dari penjajahan Belanda selama 350 tahun dan penjanjahan Jepang selama 3,5 tahun, karena Ridlo dari Allah swt, karena perjuangan "The Founding Fathers", dan karena kebetulan dan kecelakaan, mengapa saya mengatakan kebetulan dan kecelakaan ??

Kelompok Sekutu, yang kemudian sebagian bergabung menjadi kelompok NATO dan kelompok Pakta Warsawa dibawah pimpinan Uni Soviet , berkonsentrasi memerangi kelompok Axis, dengan aktor utama , Jerman dibawah Pimpinan Adolf Hitler, Benito Mussolini di Italy dan Jepang dibawah pimpinan Hideki Tojo. Perang itu dinamakan Perang Dunia Kedua menurut catatan sejarah.

Perang Dunia Kedua, adalah perang terbesar sepanjang sejarah manusia, dengan jumlah korban lebih dari 50 juta jiwa , berlangsung selama 5 tahun , mulai pada Bulan September 1939 dan berakhir pada 14 Agustus 1945 , ketika Jepang menyerah tanpa syarat kepada pihak sekutu karena dua kotanya dijatuhi Bom Atom yaitu Nagasaki dan Hiroshima. Perang Dunia kedua mencakup wilayah yang sangat luas meliputi 3 benua yaitu Eropa, Afrika dan Benua Asia. Kehancuran Fisik, Jiwa, dan pengerahan seluruh sumberdaya dari pihak yang bertikai, bila diukur dengan materi memakan biaya yang tak ternilai.

Karena Prioritas dan konsentrasi pihak sekutu adalah pada perang dunia kedua , dan pihak Jepang yang ketika itu menjanjah Indonesia adalah pihak yang kalah perang, maka tibalah resultante "kebetulan" itu, yaitu perjuangan panjang para "The Founding Fathers", do'a rakyat miskin yang teraniaya dan tertindas oleh penjanjahan yang sangat panjang , strategi jangka panjang pihak Jepang yang kalah perang, menjadi Momentum yang tepat, dan kesempatan emas untuk Indonesia...... dan seperti kita ketahui bersama tanggal 17 Agustus 1945, hari jum'at jam 10 pagi Indonesia menyatakan dan mengikrarkan kemerdekaannya, ..... pekik Merdeka!!! menjadi kosa kata yang sangat populer, setiap manusia indonesia baik dikota maupun didesa ketika berjumpa salam mereka adalah salam merdeka!! dengan tangan mengepal keatas meninju langit, tulisan-tulisan di tembok-tembok, di jembatan, di bekas pabrik-pabrik yang ditinggalkan belanda, penuh dengan tulisan merdeka......, dan tulisan lainnya adalah merdeka ataoe mati..... pilihan bangsa Indonesia ketika itu hanya doea yaitoe Merdeka ataoe Mati............ inilah yang saya sebut sebagai "sebuah kecelakaan" bagi bangsa Belanda yang tergabung dalam pihak sekutu yang menang perang, dan Pihak Jepang yang menjajah Indonesia yang menjadi pihak yang kalah perang pada Perang Dunia Kedua itu.... sebuah kebetulan dan kecelakaan yang membawa berkah.........yaitu berkah kemerdekaan Indonesia yang kita tinggal nikmati sekarang ini.

Pihak Belanda yang didukung oleh Inggris dan sekutu ingin kembali menjanjah Indonesia, karena aset-aset mereka berupa pabrik Gula, Perkebunan, pertambangan masih banyak dan merupakan penunjang ekonomi yang sangat penting bagi perekonomian Belanda, apalagi mereka baru saja berperang dan memerlukan sumber daya untuk memulihkan dan membangun negaranya..........., sehingga negara Indonesia yang baru merdeka itu langsung dihadapkan pada peperangan dengan pihak Belanda yang dibantu oleh Inggris,..... dengan semangat 45 dan tanpa kenal menyerah, maka perang fisik dan upaya diplomatik ditempuh oleh bapak-bapak pendiri Bangsa ini..... semua upaya itu telah menjadi catatan sejarah dengan tulisan tinta emas..........karena secara de facto dan de yure Indonesia masih tetap merdeka sampai sekarang.... walaupun merdekanya baru sekali.... ya tanggal 17 Agustus 1945 itu.... makanya saya membuat judul merdeka2,..... yang artinya bukan merdeka dua kali tapi terus merdeka.... tidak terjajah .... tidak terjajah baik fisik , politik, sosial maupun ekonomi..... merdeka yang sungguh-sungguh gitu loh.

Indonesia dibawah pimpinan Soekarno - Hata , sebagai Presiden dan Wakil Presiden pertama kali, bersama-sama para tokoh pendiri Bangsa, bekerja keras untuk membangun Indonesia di segala bidang baik yang bersifat fisik maupun non fisik, banyak sistem di coba, kabinet jatuh bangun, namun bisa dicatat semangat mereka adalah semangat Nasionalisme, dan Sosialisme Religius.

Indonesia sebagai negara baru , menjadi negara yang populer, dan menawarkan ide-ide segar yang menantang kemapanan, seperti membuat Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 di Bandung, membuat acara Gonefo suatu ajang olahraga yang akan menyaingi Olimpiade, dan membuat Gerakan Non Blok.

Seperti diketahui bahwa setelah perang dunia kedua , dunia "terbelah" menjadi dua dan istilah populernya menjadi BiPolar atau Dwikutub, yaitu Kelompok NATO dibawah Pimpinan Amerika, dan Kelompok Pakta Warsawa dibawah Pimpinan Uni Soviet. Ditengah-tengah dua kekuatan raksasa itu, Bung Karno mempelopori untuk membangun kekuatan ketiga yaitu Gerakan Non Blok, sebuah gerakan yang tidak berpihak pada kelompok NATO maupun kelompok Pakta Warsawa, dengan anggota Negara-negara yang baru merdeka di Asia dan Afrika. Negara-negara yang baru terbebas dari para kolonial, yang sebagian besar adalah anggota NATO itu, yaitu Inggris, Belanda, Perancis, Spanyol Portugis, dan lain-lain......... disamping itu perlu disampaikan disini Amerika menjadi Amerika dengan membunuh sebagian besar penduduk asli yaitu orang-orang Indian, dan Australia sebagian besar adalah imigran Inggris yang membunuhi penduduk asli Benua Australia yaitu orang-orang Aborigin....... memang sejarah manusia penuh dengan darah yang tertumpah........., seperti protes malikat ketika Adam akan diangkat menjadi Khalifah fil Ardhi.

Akibat dari gerakan-gerakan Bung Karno itu, menjadikan peta kekuatan dunia menjadi lebih rumit, pemikiran-pemikiran kreatif dan progresif dari Bung Karno membuat kelompok NATO menjadi lebih repot, dan sperti diketahui bahwa NATO yang berhaluan Kapitalisme berhadapan dengan kelompok Pakta Warsawa yang berhaluan Sosialis Komunis, dan China yang juga Komunis.
Dan Bung Karno melihat kenyataan di lapangan bahwa penduduk Indonesia bisa digolongkan menjadi 3 golongan besar yaitu Nasionalis, kelompok Agama, dan sebagian lagi terkesima dengan ide-ide Komunis akibat propaganda gencar dan sistematis dari para tokoh penggeraknya..... oleh karena itu dalam pidatonya Bung Karno memperkenalkan ide NASAKOM yang merupakan akronim dari Nasionalis, Agama dan Komunis........, ide Nasakom ini mendapatkan penolakan keras dari para tokoh Agama Islam, sehingga banyak dipenjarakan , karena dianggap sebagai musuh politik dari seorang Soekarno, dan partai yang beazaskan Islam yaitu Masyumi dibubarkan dan merupakan partai terlarang.

Bung Karno melihat penjanjahan bentuk baru, yaitu penjanjahan berbentuk Ideologi dan berbentuk penjanajahan Ekonomi, dan beliau menggelari dengan istilah NEOCOLONIALISME.... sebuah penjanjahan bentuk baru yang lebih sistematis, lebih culas, dan mempunyai daya rusak yang dahsyat.

Menyadari keniscayaan ini, maka ide brilian Bung Karno mencuat lagi dengan akan dibangunnya sebuah poros kekuatan, yaitu Poros Jakarta-Peking-Moscow, dan poros ini berpotensi akan mendapatkan pengikut potensial yaitu New Delhi dan negara-negara di Jazirah Arab.

Poros Jakarta-Peking-Moscow-New Delhi-Jazirah Arab, akan menjadi poros yang sangat kuat, dan membahayakan eksistensi Pihak Nato dengan pelopor dan sponsor utama Amerika dan Inggris, sehingga ide dari Bung Karno harus dihancurkan, harus dibelenggu, harus di matikan, .... ibarat bayi cerdas yang masih dalam kandungan harus digugurkan sebelum terlahir......., tetapi bagaimana caranya?, Bung Karno telah menjadi figur Populer baik Di Indonesia maupun di Dunia..... , bagaimana membuat Soekarno jatuh?, agar ide tentang pembangunan poros yang telah mendapatkan sambutan positif dari Pemimpin Moscow dan Peking itu harus mati, harus dihancurkan?...., tulisan akan dilanjutkan pada BY SESIGN BAGIAN DUA karena sudah terasa cukup panjang...... agar sidang pembaca bisa istirahat sejenak untuk minum teh atau kopi, dan ke kamar mandi.... atau melakukan kegiatan yang lain..... istirahat sebentar ya........, simbah mau sholat dulu....

1 komentar: